ARTIKEL PMR PALMERA_GURNESA 22


ARTIKEL PMR PALMERA_GURNESA 22

PMR SMPN 1 GURAH berawal pada saat saya diberikan amanah menjadi pembina pendamping pada jumbara V tahun 2012, sambil berjalan nya waktu , saya berfikir untuk mendirikan PMR di sekolah ini, awalnya yang memang belum ada. Dan PMR dihidupkan setelah saya kembali dari lomba Jumbara ke V itu.

PMR ini juga didirika atas izin dari Kepala Sekolah saat itu, dan yang pasti perintisnya adalah saya sendiri dan kemudian mengajak salah satu alumni SMPN 1 Gurah yang kebetulan menjadi relawan PMI pada waktu itu yang bernama kak Riska dan siswa - siswi yang ada pada saat itu menjadi anggotanya masih dari anak anak OSIS yang berjumlah 25 anak. Untuk saat ini dalam menggiatkan Palmera Gurnesa saya dibantu kelas 9 sebagai tutor sebaya saat pematerian untuk adik adik tingkatnya kelas 7 dan 8 sebagai calon anggota baru dalam program kegiatan ekstrakurikuler PMR yang berjalan setiap hari kamis sepulang sekolah. Pada saat menyiapkan tim untuk lomba saya pastinya akan dibantu oleh para alumni dari beberapa angkatan yang sudah dihasilkan serta kak Riska yang menjadi mentor pada proses tersebut.

Anggota PMR saat ini lumayan cukup dengan, kelas 7 berjumlah 45 anak, kelas 8 berjumlah 24 anak, kelas 9 berjumlah 64 anak, kami memiliki nama di PMR Madya SMPN 1 Gurah ini adalah : PALMERA_GURNESA.

Suka-Duka yang banyak kami alami , misalkan basik nya siswa yang mungkin saat masih SD/MI dulu belum pernah mengikuti eskul PMR MULA, menjadikan perlu ekstra kerja keras agar mengetahui isi dari apa sebenarnya PMR itu bagi Remaja ditingkat SMP. Selain dilema ini, ada juga beberapa kendala salah satunya yaitu, masih ada yang belum serius & malah kebanyakan betul - betul belum tahu PMR itu apa, apa yang dilakukan & kegiatan apa selanjut nya dan diibaratkannya itu seperti gelas kosong, harus di mulai dari Nol lagi, harus sabar-sabar buat melatih nya. Kalau senangnya, seperti saat latihan praktik eskul yang awalnya mereka tidak tahu dan mengerti apa-apa, menjadi lebih dan cepat tahu dan mengerti arahnya kemana hasil itu nantinya diterapkan atau dimanfaatkan. Selain itu pada saat mempersiapkan tim untuk lomba dan diklat, itulah yang membuat  dimana saat melaksanakan rasanya diklat itulah yang membuat hati senang dan selalu terhibur dengan suasana dan keberagaman, kebersamaan, harmonisasi serta tanggung jawab dan disiplin terhadap waktu ketika kita saat melaksanakan kegiatan ekskul PMR selama ini.

Masih ada lagi cita-cita yang belum kami capai yaitu untuk ikut JUMBARA, Jumbara ini adalah Jumpa Bakti Gembira. Baik ditingkat propinsi/ nasional, seperti lomba begitulah isinya, sejauh ini itu yang kami impikan . Dan In Syaa Allah kami ingin mengikuti perlombaan Jumbara nanti juga yang akan diadakan di tingkat kabupaten  pada tahun 2022 ini.

Selain cerita diatas, beberapa kegiatan yang pernah kita ikuti dan dapatkan baik secara rutin maupun kondisional adalah seperti: latber, latgung dan diklat atau sosialisasi di markas PMI Kabupaten Kediri.

Apalagi dengan semakin perkembangannya PMR di sekolah ini yang sudah berjalan kurang lebih 10 tahun ini yang dimana pasang surut dari jumlah anggota merupakan suatu hal yang sangat wajar dan perlu ekstra energi untuk bisa menyuarakan gema ekskul PMR ini dikalangan siswa yang berusia remaja ditingkat SMP agar setidaknya tahu apa itu dan manfaat ikut di PMR itu apa? Tetapi kami tetap beryukur dan Alhamdulilah sampai saat ini kami masih tetap bisa eksis dengan partisipasi kita semua .

Disini kami berdiri dengan VISI DAN MISI , sebenar nya pertama menjadi kan siswa siswi SMPN 1 Gurah paling tidak dapat mengetahui tentang Kesehatan dan Kedua mereka mampu saling tolong menolong antar sesama. Dan kedepan nya yang pasti mengangkat nama baik Sekolah SMPN 1 GURAH.

butuh waktu untuk melatih mereka menjadi lebih handal lagi , biasa nya standar     nya itu melatih nya butuh waktu yang cukup lamabu. Tetapi biasanya jika sudah langsung cepat bisa dikarekan dalam kondisi kepepet. Di waktu senggang Kami biasa nya mengadakan hiburan seperti makan bareng gitu ,untuk anggota sendiri seperti hangout keluar, ngumpul dan satu yang tidak ketinggalan pasti nya,  ya walaupun dengan biaya yang seada nya ( BDD ) tapi ini nya kita tetep bisa menjalin kebersamaan, kekompakkan, kekeluargaan , dan keharmonisan bersama.

Pesan dan Kesan untuk PMR SMPN 1 GURAH,


PESAN :Ayo semangat terus, Harumkan namasekolah kita dengan kegiatan yang positif        bagikan ilmu yang sudah kalian dapat agar dapat berguna untuk ke depan nya.

KESAN :....

 

Komentar

  1. PALMERA Gurnesa ini memberikan pengalaman pertama kalinya untuk aku, karena dengan mengikuti organisasi ini aku mendapatkan banyak teman dan jadi tau apa arti sesungguhnya dari kebersamaan,keberagaman,dan kekompakan. Pasti nya kegiatan di pmr sangat' seru.

    BalasHapus
  2. setuju dgn artikel ini, dgn mengikuti kegiatan PMR saya menjadi seorang remaja yang merasa memiliki kemampuan untuk mencapai sebuah kesuksesan, banyak pengalaman yang saya dapat ketika mengikuti kegiatan PMR ini.

    BalasHapus
  3. Saya selaku anggota PMR Madya smpn 1 gurah mengakui bahwa Palmerah gurnesa ini mengajarkan saya banyak hal seperti saling tolong menolong,menumbuhkan sikap kemanusiaan,Mandiri,berani,dan banyak hal lagi. Palmerah gurnesa ini juga Membuat saya memiliki banyak teman. Harapanya palmerah gurnesa semakin sukses untuk kedepannya.

    BalasHapus
  4. PMR gurnesa ini memberikan saya banyak pengalaman baru dan pelajaran baru, dgn mengikuti organisasi ini saya lebih tau tentang PMR dan juga organisasi ini memberikan banyak manfaat kepada saya, terutama menjadi lebih tau ttg kesehatan dan pentingnya saling tolong menolong antar sesama tanpa membeda-bedakan

    BalasHapus
  5. kesan saya mengikuti PMR Madya SMPN 1 GURAH yaitu yang pertama membantu melatih mental dan fisik saya, lebih menghargai waktu, menghargai moment bersama saat pradiklat atau penyampaian materi yang di sampaikan oleh kakak kelas 9, dan lebih sayang terhadap diri sendiri dengan menjaga kesehatan karena kesehatan diri sendiri jauh lebih penting dari apapun.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Palang Merah Remaja(PMR) kesan dikegiatan itu saya mendapat ilmu,teman baru dan banyak pengalaman baru dari situ mengenal 7prinsip,Tribakti,PP,Donor darah dll. dari PMR meningkatkan rasa peduli..
    & meningkatkan karakteristik kita jauh lebih baik lagi kedepannya walau terkadang melakukan kesalahan,semangat dalam mengikuti kegiatannya dan menghargai kebersamaan
    Dan PMR harus slalu dipertahankan..

    BalasHapus
  8. kesan saya tentang ekstra PMR yaitu saya tau apa arti dari tanggung jawab, kebersamaan, tolong menolong. di PMR ini saya dapat menemukan jati diri saya. ekstra ini juga bisa menambah wawasan saya untuk selalu peduli, selalu bertanggung jawab, dan selalu bersama saat duka maupun suka. PMR Madya sebagai peer support, pembina yang selalu merangkul siswa-siswinya, kakak kelas yang senantiasa mendukung dan memberi penjelasan. PMR ini juga sangat memberi pengalaman baru bagi saya, yaitu menolong kepada sesama, dll.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERENCANAAN KARIR DIMASA DEPAN