BUDAYA POSITIF DISEKOLAH
7 Budaya
Positif yang Bisa Diterapkan di Sekolah
20 April 2022
Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan pelaksanaan pendidikan di sekolah
yaitu untuk membentuk siswa Indonesia menjadi generasi yang berpendidikan,
cerdas, dan berkarakter. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dilaksanakan
kegiatan pembelajaran di sekolah dan pembiasaan atau proses yang baik. Proses
pembiasaan tersebut dikenal dengan budaya atau pembudayaan.
Untuk membentuk siswa yang berprestasi dan berkarakter baik, maka sekolah
perlu membangun budaya positif di lingkungan sekolah. Budaya sekolah sendiri
diartikan sebagai tradisi sekolah yang tumbuh serta berkembang sesuai
dengan spirit dan nilai-nilai yang diajarkan di sekolah.
Dengan kata lain, budaya sekolah menjadi kebiasaan yang disepakati bersama
untuk dilakukan dalam waktu yang lama ketika terjadi kegiatan pembelajaran.
Dengan membangun kebiasaan atau budaya positif di lingkungan sekolah, maka
nilai-nilai baik bisa diterima oleh siswa dan membentuk karakter dan kecerdasan
mereka.
Bentuk untuk membangun budaya positif di sekolah cukup beragam, salah
satunya seperti banyaknya program sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan
karakter siswa. Beberapa program atau budaya sekolah seperti sekolah adiwiyata,
program literasi untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa, program kantin
kejujuran untuk menumbuhkan sikap jujur, dan lainnya.
Bahkan, pembentukan karakter menjadi salah satu tujuan utama dalam
pendidikan. Hal ini juga dinyatakan oleh Ki Hajar Dewantara yang merupakan
Bapak Pendidikan Indonesia yang mengisyaratkan jika pendidikan untuk mencapai
kehidupan yang bahagia.
Adapun karakter yang diharapkan dari pelaksanaan pendidikan yaitu menjadi manusia serta anggota masyarakat yang yang tercantum dalam profil pelajar Pancasila yaitu Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis serta Mandiri.
7 Budaya Positif di Sekolah yang
Bisa Diterapkan
Ada banyak budaya positif yang seharusnya diterapkan di sekolah untuk
membiasakan warga sekolah melakukan hal baik, memiliki akhlak, dan bermanfaat
untuk lingkungan. Untuk menerapkan budaya positif di sekolah tentu diperlukan
peran guru dan sekolah yang optimal. Guru bisa membangun komunitas di sekolah
untuk menyiapkan siswa di masa depan menjadi manusia berdaya, bukan hanya untuk
pribadinya saja tetapi berdampak positif pada masyarakat.
Adapun berikut ini merupakan tujuan budaya positif di sekolah yang bisa diterapkan, yaitu:
1. Melaksanakan Tata Tertib Sekolah
Di setiap sekolah pastinya ada tata tertib yang harus dipatuhi oleh setiap
siswa. Tata tertib berfungsi sebagai pembatas antara yang boleh dan tidak boleh
dan antara yang baik dan tidak baik bagi warga sekolah.
Sekolah membuat tata tertib untuk disepakati dan dijalankan bersama. dengan melaksanakan dan menaati tata tertib maka situasi di sekolah akan berjalan dengan tertib dalam waktu yang lama. Program sekolah juga jadi berjalan sesuai dengan aturan main. Kebiasaan positif ini harus terus berkembang hingga menjadi karakter.
2. Cinta Kebersihan dan Lingkungan
Penanaman rasa cinta kebersihan adalah budaya positif yang harus dimiliki
setiap siswa. Di sini, cinta kebersihan artinya menjaga kebersihan terhadap
diri sendiri dan juga terhadap lingkungan sekolah.
Kebersihan terhadap diri sendiri bertujuan untuk membentuk pribadi siswa
yang sehat dan jiwa yang kuat. Siswa juga akan dapat mengikuti kegiatan belajar
mengajar dengan baik setiap harinya.
Untuk rasa cinta kebersihan terhadap lingkungan sekolah, siswa dapat membuat jadwal piket membersihkan kelas dan halaman sekolah supaya bersih. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, maka akan tercipta udara segar dan belajar jadi nyaman.
3. Kejujuran
Karakter kejujuran juga sangat penting untuk ditanamkan di lingkungan
sekolah, bukan hanya untuk siswa, tetapi guru juga sebagai tenaga pengajar.
Kejujuran adalah investasi yang berharga terciptanya komunikasi dan hubungan
yang sehat antar manusia.
Dampak positif dari menjadi manusia yang jujur ada untuk berbagai sisi kehidupan. Apalagi di masa sekarang di mana kejujuran mahal harganya. Karakter ini harus sudah dibangun dan ditanamkan sejak usia dini. Menjadi orang yang dipercaya orang lain adalah hal yang sangat indah untuk dimiliki seseorang.
4. Religius
Dengan menanamkan karakter religius sejak usia dini, maka akan jadi langkah
awal menumbuhkan sikap dan perilaku keberagamaan pada siswa. Upaya penanaman
nilai religius harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Misalnya di
tahap masa kanak-kanak, mereka ada di tahapan meniru dari yang dilihat dan
didengar.
Yang bisa dilakukan oleh sekolah adalah dengan membiasakan berdoa sebelum memulai kegiatan dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME. Peran guru sangatlah penting di sini untuk jadi teladan, pengingat, dan sebagai contoh untuk melaksanakan kegiatan bersifat religius.
5. Kepedulian
Sikap peduli adalah tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain yang membutuhkan bantuan. Kepedulian siswa dapat ditanamkan di sekolah melalui berbagai cara, misalnya dengan menjenguk dan mengumpulkan uang dari teman-teman saat ada teman sekelas atau guru yang sakit. Dengan memiliki kepedulian dalam diri siswa sejak dini, maka mereka akan disenangi oleh banyak teman dan jadi terbiasa untuk saling tolong menolong.
6. Sifat Toleransi
Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” dengan segala keberagaman yang ada di dalamnya. Karena itulah sangat penting untuk memiliki sifat toleransi antar sesama. Di sekolah pastinya berkumpul siswa dan guru dari berbagai agama dan suku. Contoh hal yang bisa dilakukan untuk menyongsong sifat toleran adalah dengan tidak memaksakan pendapat sendiri kepada orang lain dan saling menghargai perbedaan dengan sesama.
7. Sikap Nasionalis
Sikap nasionalis atau cinta tanah
air dapat diimplementasikan dengan cara berpikir dan bertindak untuk menaruh
kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan kelompok.
Karakter ini dapat ditanamkan dengan pelaksanaan upacara bendera dan
menghormati tokoh bangsa. Sikap ini akan meningkatkan rasa cinta terhadap
bangsa.
Itulah 7 budaya positif di sekolah yang bisa diterapkan untuk membangun
karakter siswa lebih baik. Tentunya masih banyak budaya-budaya lainnya yang
tidak boleh ditinggalkan dan harus diajarkan di sekolah sejak dini seperti
budaya sekolah adiwiyata, budaya literasi dan lainnya. Dengan menerapkan budaya
positif ini secara konsisten dan dengan sebaik mungkin, maka akan melahirkan
generasi Indonesia yang bukan hanya cerdas, tetapi berkarakter baik.
Materi Layanan
Bimbingan Konseling Klasikal.
Oleh : Dedit
Krismanto, S.Pd., Gr.
Lembar Kerja Peserta Didik
1. Apa Tujuan pelaksanaan di Sekolah ?
2. Sebutkan 6 Karakter Profil Pelajar Pancasila ?
3. Tuliskan 7 Tujuan Budaya Positif yang bisa diterapkan disekolah?
( Silahkan dijawab dikolom Komentar dengan cara ; Tulis nama_Kelas, Kemudian jawaban )
Nama : Khalila Az-Zahra Kurniawan
BalasHapusKelas : 7B
Absen : 23
1.tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan & kepribadian
2.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia, berkhebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
3.-Melaksanakan Tata Tertib Sekolah.
-Cinta Kebersihan dan Lingkungan.
-Kejujuran.
-Religius.
-Kepedulian.
-Sifat Toleransi.
-Sikap Nasionalis
Nama: AQILA IRSYADIA SAFRINA PUTRI
BalasHapusNo:12
Kelas:7b
1.Tujuan pendidikan sekolah membentuk siswa Indonesia menjadi generasi yang berpendidikan,cerdas dan berkarakter
2.bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa, berakhlak mulia,berkhebinekaan global, bergotong royong,mandiri, kreatif dan bernalar kritis.
3.melaksanakan tata tertib sekolah,cinta kebersihan dan lingkungan, kejujuran, religius, kepedulian,sifat toleransi,sikap nasionalis
Nama:diffa
BalasHapusAbsen:20
Kls:7b
1.tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan & kepribadian
2.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia, berkhebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
3.-Melaksanakan Tata Tertib Sekolah.
-Cinta Kebersihan dan Lingkungan.
-Kejujuran.
-Religius.
-Kepedulian.
-Sifat Toleransi.
-Sikap
Nama:ahmad erzandy dwi widya pranata
BalasHapusNo:3
Kelas:7b
1.tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan & kepribadian
2.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia, berkhebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
3.-Melaksanakan Tata Tertib Sekolah.
-Cinta Kebersihan dan Lingkungan.
-Kejujuran.
-Religius.
-Kepedulian.
-Sifat Toleransi.
-Sikap Nasionalis
Nama: ALDO PUTRA WIJAYA
BalasHapusNo: 7
Kls: VII-B
1. salah satunya seperti banyaknya program sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan karakter siswa. Beberapa program atau budaya sekolah seperti sekolah adiwiyata, program literasi untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa, program kantin kejujuran untuk menumbuhkan sikap jujur, dan lainnya.
2. profil pelajar Pancasila yaitu Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis serta Mandiri.
3. -Melaksanakan Tata Tertib
Sekolah
-Cinta Kebersihan dan
Lingkungan
-Kejujuran
-Religius
-Kepedulian
-Sifat Toleransi
-Sifat Nasionalis
Nama:Sifa Mei Nuraeni
BalasHapusKelas:7B
No absen:30
1.Tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, kepribadian dan pengetahuan.
2.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ,dan Berakhlak Mulia,Berkhebinekaan global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif.
3.-Melaksanakan tata tertib sekolah
-Cinta kebersihan dan lingkungan
-Religius
-Kejujuran
-Kepedulian
-Sikap nasionalis
-Sifat toleransi
Nama: ADINKA AYU PRAMALITA
BalasHapusNo: 1
Kls: VII-B
1. Tujuan pelaksanaan sekolah ialah membentuk siswa menjadi generasi yang berpendidikan,cerdas, dan berkarakter
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkhebinekaan Global, Bernalar Kritis dan juga Mandiri
3. - Melaksanakan Tata Tertib Sekolah
- Cinta Kebersihan dan Lingkungan
- Kejujuran
- Religius
- Kepedulian
- Sifat Toleransi dan
- Sifat Nasionalis
Nama: Cerlis jerina lendy hirdayu
HapusNo: 19
Kls: VII-B
1. Tujuan pelaksanaan sekolah ialah membentuk siswa menjadi generasi yang berpendidikan,cerdas, dan berkarakter
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkhebinekaan Global, Bernalar Kritis dan juga Mandiri
3. - Melaksanakan Tata Tertib Sekolah
- Cinta Kebersihan dan Lingkungan
- Kejujuran
- Religius
- Kepedulian
- Sifat Toleransi dan
- Sifat Nasionalis
Nama: Natasya Ayu Putri Pratiwi
BalasHapusNo absen:25
Kelas:7b
1. tujuan pelaksanaan sekolah ialah membentuk siswa menjadi generasi yang berpendidikan,cerdas, dan berkarakter
2. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkhebinekaan Global, Bernalar Kritis dan juga Mandiri
3.•Melaksanakan Tata Tertib Sekolah
•Cinta Kebersihan dan Lingkungan
• Kejujuran
•Religius
• Kepedulian
- Sifat Toleransi dan
- Sifat Nasionalis
Nama: Ahmad Rayhan Saputra
BalasHapusAbsen: 6
Kelas: 7B
1.tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan & kepribadian
2.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia, berkhebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
3.-Melaksanakan Tata Tertib Sekolah.
-Cinta Kebersihan dan Lingkungan.
-Kejujuran.
-Religius.
-Kepedulian.
-Sifat Toleransi.
-Sikap Nasionalis
Nama:Mei Rania Anatasya
BalasHapusKelas:7B
No.Absen:24
1.Tujuan pendidikan sekolah adalah membentuk siswa menjadi generasi yang berpendidikan,cerdas,dan berkarakter..
2.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia,kreatif,gotong royong,Berkebhinekaan Global,bernalar kritis dan juga mandiri..
3.-- Melaksanakan tata tertib
sekolah
-- Cinta kebersihan dan
lingkungan
-- Kejujuran
-- Religius
-- Kepedulian
-- Sifat Toleransi dan
-- Sifat nasionalis
Nama: Sabilillah Anjani
BalasHapusAbsen: 29
Kelas: 7B
1.Tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, kepribadian dan pengetahuan.
2.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ,dan Berakhlak Mulia,Berkhebinekaan global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif.
3.-Melaksanakan tata tertib sekolah
-Cinta kebersihan dan lingkungan
-Religius
-Kejujuran
-Kepedulian
-Sikap nasionalis
-Sifat toleransi
Nama: Attabik Dinal Hanivy
BalasHapusAbsen: 17
Kelas: VII B
1. salah satunya seperti banyaknya program sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan karakter siswa. Beberapa program atau budaya sekolah seperti sekolah adiwiyata, program literasi untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa, program kantin kejujuran untuk menumbuhkan sikap jujur, dan lainnya.
2. profil pelajar Pancasila yaitu Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis serta Mandiri.
3. -Melaksanakan Tata Tertib
Sekolah
-Cinta Kebersihan dan
Lingkungan
-Kejujuran
-Religius
-Kepedulian
-Sifat Toleransi
-Sifat Nasionalis
Nama: rhmasptya
BalasHapusAbsn: 27
Kelas:7B
1.tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan & kepribadian
2.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia, berkhebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
3.-Melaksanakan Tata Tertib Sekolah.
-Cinta Kebersihan dan Lingkungan.
-Kejujuran.
-Religius.
-Kepedulian.
-Sifat Toleransi.
-Sikap Nasionalis
Nam: Hylda Valentina Anugrahati
BalasHapusAbsen:22
Kelas: 7b
1. Tujuan pelaksaan sekolah adalah membentuk siswa Indonesia menjadi generasi yang berpendidikan, cerdas dan berkarakter
2. Bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkhebinekaan global, bernalar kritis dan juga mandiri
3. -Melaksanakan Tata Tertib Sekolah
- Cinta Kebersihan dan Lingkungan
- Kejujuran
- Religius
- Kepedulian
- Sifat Toleransi dan
- Sifat Nasionalis
nama: ALIFIAN RAYHANSYAH
BalasHapusNO:11
kls :7b
1. Tujuan pelaksaan sekolah adalah membentuk siswa Indonesia menjadi generasi yang berpendidikan, cerdas dan berkarakter
2. Bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkhebinekaan global, bernalar kritis dan juga mandiri
3. -Melaksanakan Tata Tertib Sekolah
- Cinta Kebersihan dan Lingkungan
- Kejujuran
- Religius
- Kepedulian
- Sifat Toleransi dan
- Sifat Nasionalis
Nama: Aurelya zizzi magdalena
BalasHapusKelas:7B
No.absen:18
1. Tujuan pelaksaan sekolah adalah membentuk siswa Indonesia menjadi generasi yang berpendidikan, cerdas dan berkarakter
2. Bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkhebinekaan global, bernalar kritis dan juga mandiri
3. -Melaksanakan Tata Tertib Sekolah
- Cinta Kebersihan dan Lingkungan
- Kejujuran
- Religius
- Kepedulian
- Sifat Toleransi dan
- Sifat Nasionalis
Nama : Zahra Indria P.
BalasHapusKelas : 7B
No. Absen : 32
1. salah satunya seperti banyaknya program sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan karakter siswa. Beberapa program atau budaya sekolah seperti sekolah adiwiyata, program literasi untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa, program kantin kejujuran untuk menumbuhkan sikap jujur, dan lainnya.
2. profil pelajar Pancasila yaitu Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis serta Mandiri.
3. -Melaksanakan Tata Tertib
Sekolah
-Cinta Kebersihan dan
Lingkungan
-Kejujuran
-Religius
-Kepedulian
-Sifat Toleransi
-Sifat Nasionalis
BalasHapusNama: Ahmad Bayu Andika
Absen: 02
Kelas: VII B
1. salah satunya seperti banyaknya program sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan karakter siswa. Beberapa program atau budaya sekolah seperti sekolah adiwiyata, program literasi untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa, program kantin kejujuran untuk menumbuhkan sikap jujur, dan lainnya.
2. profil pelajar Pancasila yaitu Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis serta Mandiri.
3. -Melaksanakan Tata Tertib
Sekolah
-Cinta Kebersihan dan
Lingkungan
-Kejujuran
-Religius
-Kepedulian
-Sifat Toleransi
-Sifat Nasionalis
Nama:Nurani
BalasHapusabsen:26
kelas:VII B
1. salah satunya seperti banyaknya program sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan karakter siswa. Beberapa program atau budaya sekolah seperti sekolah adiwiyata, program literasi untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa, program kantin kejujuran untuk menumbuhkan sikap jujur, dan lainnya.
2. profil pelajar Pancasila yaitu Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis serta Mandiri.
3. -Melaksanakan Tata Tertib
Sekolah
-Cinta Kebersihan dan
Lingkungan
-Kejujuran
-Religius
-Kepedulian
-Sifat Toleransi
-Sifat Nasionalis
Nama:Ahmad Faishal Rauf Setyawan
BalasHapusAbsen:4
Kelas:7B
1.tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan & kepribadian
2.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia, berkhebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
3.-Melaksanakan Tata Tertib Sekolah.
-Cinta Kebersihan dan Lingkungan.
-Kejujuran.
-Religius.
-Kepedulian.
-Sifat Toleransi.
-Sikap Nasionalis
Nama: ardi driya pradana
BalasHapusAbsen:13
Kelas:7B
1.tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan & kepribadian
2.bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak mulia, berkhebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
3.-Melaksanakan Tata Tertib Sekolah.
-Cinta Kebersihan dan Lingkungan.
-Kejujuran.
-Religius.
-Kepedulian.
-Sifat Toleransi.
-Sikap Nasionalis